Senin, 30 Maret 2009

Komputer VS Mata Lelah


Tidak dapat dipungkiri, komputer sudah menjadi salah satu bagian dari gaya hidup kita. Apalagi jika anda yang selalu mengandalkan komputer untuk membantu manjalankan aktivitas keseharian anda, semisal membantu dalam hal pekerjaan, atau bagi anda yang memiliki komputer yang sudah tersambung internet, pastinya akan lebih asyik menatap komputer hingga berjam-jam lamanya. Namun, apabila setiap hari kita berhadapan dengan layar komputer selama 6-8 jam. Dan jika hal ini berlangsung terus-menerus, lama kelamaan mata bisa lelah (astenopia), otot mata terasa tegang dan tidak nyaman. Thukah anda, mata memiliki mekanisme kerja ynag mirip dengan kamera?baynagkan benda diterima oleh mata dan masuk melalui seperangkat lensa di mata, berupa kornea, pupil dan lensa yang transparan. Organ-organ ini berhubungan erat kerjanya dengan otot-otot mata. Masalahnya, untuk melihat dalam jarak dekat, seperti melihat layar computer, perlu kerja ekstra dari lensa dan otot mata, yaitu:
· Lensa mata harus mencembung untuk mencari focus benda yang dilihat.
· Kedua bola mata harus bekerja sama dalam menyatukan bayangan saat mata melihat objek dalam jarak dekat. Apalagi, jika objek cukup kecil.
· Menggerakkan bola mata ke arah bayangan yang datang, agar tampak jelas. Misalnya, untuk mengikuti game, bola mata harus bolak-balik ke kanan atau ke kiri.
Lama kelamaan, mata akan lelah juga dipaksa menatap komputer selama berjam-jam. Belum lagi, gerakan mata harus cepat dan terus-menerus. Bayangan, pupil mata bisa bergerak sebanyak 75.000-150.000 kali per menit. Bandingkan dengan gerakan pupil mata ketika membaca buku ketegangan yang ditimbulkan saat berinteraksi dengan komputer atau bermain “game “ sering membuat mata jarang berkedip. Karena jarang mengedip, lubrikasi dari air mata yang dibutuhkan mata tidak terjadi, akibatnya kita mengalami gejala mata kering. Memang air mata berguna untuk membersihkan kotoran yang masuk ke mata, melumasi mata, melindungi mata, (mengandung antibakteri dan antibody), sarat nutrisi (glukosa, elektrolit, dan enzim, protein), dan media “transportasi” oksigen dan udara. Jika pasokan air mata kurang dan pelumasan mata menurun, apalagi dalam jangka lama, kesehatan mata akan terganggu juga. Mata yang jarang mengedip akibat keasyikan memelototi layar akan mengalami penguapan berlebihan. Apalagi, kalau ruangannya ber-AC, penuh asap rokok, dan banyak debu karena jarang dibersihkan. Kelelahan mata akan menimbulkan gangguan lain seperti mengantuk, mata berair, dan sakit kepala ( otot luar penggerak bola mata bekerja keras ketika berinteraksi dengan komputer). Jika diiringi dengan gejala mata kering, penglihatan juga menjadi buram dan kemampuan melihat menurun.
Namun demikian kelelahan mata akibat terlalu lama menatap komputer tidak akan berakibat serius jika segera diatasi. Bagaimana cara mengatasinya? Ini dia :
1. Istirahat mata 
 Melihat ke objek yang agak jauh (beberapa meter) selama 10 detik setiap 10 menit sekali.
2. Ubah irama gerak tubuh 
 Bergerak atau berjalan setiap dua jam agar mata dan tubuh bisa istirahat.
3. Sering berkedip
 Normalnya, orang berkedip sekali dalam lima detik. Jika sudah di depan komputer, bisa-bisa Anda berkedip hanya sekali dalam semenit.
4. Layar agak ke bawah
Dengan demikian Anda tidak harus mendongakkan kepala saat bermain. Jika letak komputer sejajar atau lebih rendah daripada matanya, ia akan menutup mata sepenuhnya ketika mengedip. 
5. Perhatikan letak keyboard
Keyboard sebaiknya terletak langsung di depan layar. Kalau tidak, mata akan melihat layar dengan posisi miring, atau pandangan tidak terpusat pada satu arah, Benar-benar melelahkan.
6. Pencahayaan yang benar
Pencahayaan terbaik datang dari samping layar. Jika tak mungkin dilakukan, “ turunkan” layar untuk mengurangi bias cahaya. Pencahayaan terburuk berasal dari atas atau belakang, termasuk cahaya lampu neon dan sinar matahari.                                  7.Perhatikan jarak                                                         Letakkan layar monitor sekitar 35-75 cm dari mata. Bila benda yang dilihat terlalu kecil, besarkan objek itu. Jadi, mata tidak perlu terlalu dekat dengan layar.                                                                                                                                         Jadi, bagi anda yang gemar manatap komputer hingga berjam-jam lamanya, karena asyik menikmati isi komputer, sebaiknya anda juga harus memikirkan kesehatan diri anda. Ingatlah pepatah sedia payung sebelum hujan, karena penyakit tidak akan menghantui diri anda jika anda bisa memayungi diri anda sendiri.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar