Minggu, 29 Maret 2009

Hijaukan Indonesia Melalui Green Car

Layaknya Black Innovationawards yang merupakan suatu event dimana orang-orang mempunyai kesempatan untuk berinovasi melalui pemikiran mereka untuk menciptakan hal-hal baru dengan pemberian sebuah penghargaan jika yang terpilih sebagai innovator. Begitu pun prdousen-produsen kendaraan roda empat khususnya mobil akhir-akhir ini banyak yang gencar memproduksi mobil-mobil berbasis ramah lingkungan (green car). Hal ini perlu di kembangkan dan lebih diprioritaskan, mengingat gas buang dari kendaraan roda empat ini menyumbangkan dampak yang tidak baik bagi bumi kita. Beberapa produsen mobil dunia yang telah berpartisipasi dalam program penyelamatan bumi antara lain :

                          1. Toyota Prius Hybrid                                        Seperti banyak kendaraan dari Toyota, Prius yang telah menjadi standar-pembawa dalam segmen. Meskipun banyak automakers belum bahkan mengembangkan bensin-kendaraan listrik hibrida, Toyota sudah pada generasi kedua dari Prius. Empat pintu ini hibrida telah menjadi hit dengan konsumen karena bahan bakar terkenal ekonomi, relatif uncompromised mengemudi dan akselerasi karakteristik dan harga yang wajar. The Toyota Prius (namanya berasal dari bahasa Latin dan berarti "sebelum pergi") ada sebagian sebagai solusi untuk masalah mobil dari pipa knalpot emisi. The Prius, hybrid lain seperti kendaraan, memiliki powertrain khusus yang menggabungkan bensin-fueled internal combustion dengan mesin motor listrik. Powertrain ini, bersama dengan fitur-fitur canggih ainnya, memungkinkan Prius untuk menyampaikan bahan bakar ekonomi tinggi dan emisi lebih rendah dibanding mobil biasa. Karena popularitas dan penjualan relatif panjang sejarah, Toyota asli mobil hibrida adalah calon yang kuat untuk berbelanja tertarik menggunakan kendaraan hibrid. Sejauh ini, tampaknya Toyota reputasi untuk keandalan dan daya tahan yang memegang benar untuk Prius. Awal kekhawatiran tentang jangka panjang memiliki ketahanan ternyata kebanyakan menjadi tak berdasar. Namun, pembeli potensial yang digunakan Prius harus ekstra hati-hati selama proses 
penelitian. Sebagai Toyota Prius cukup rumit, dan bagian depan perbaikan replacements dapat 
cukup mahal. Mobil yang dibekali mesin 4 silinder 1,5 liter yang menghasilkan 76 bhp. Akan tetapi, masih di back-up oleh 50 kw motor listrik yang menghasikan 259 pound torsi untuk menyeimbangi kekurangan bhp. Mesin dan motor listriknya dikendalikan otomatis oleh elektronik untuk memaksimalkan efisiensi bensin. Maksudnya, saat berkendara di kemacetan, motor listrik yang akan bekerja. Saat melaju di jalan tol, mesinnya yang digunakan dan keduanya berkolaborasi saat akselerasi. Satu lagi faktor keiritan Toyota Prius ini terletak pada transmisi otomatis yang dikenal dengan EVCT. Ia mampu mengantisipasi sudut kecepatan dari kecepatan berbeda.
                       2. Antro Solo Mobil Berkonsep Green Car                         Bagian atasnya dipasang panel surya untuk menangkap energi dan menyimpannya di baterai yang digunakan untuk berjalan sejauh 15-25 km. Jika kehabisan tenaga, maka tenaga cadangan akan dikeluarkan. Tenaga itu adalah tenaga manusia. Di bawah jok penumpang disediakan pedal untuk menggerakan generator mesin. Jika penumpangnya merasa capek dan malas menggenjot pedal, maka mobil ini masih dapat berjalan menggunakan bahan bakar minyak atau ethanol. Diproduksi massal pada tahun 2012, Antro Solo akan dijual dengan harga $20.000.                                                                         3. Trident Iceni Sports Car 100% Biodiesel                                     Iceni Sports Car digerakkan mesin diesel berkapasitas 6,6 liter V8 yang mampu memuntahkan tanaga maksimum 550 bhp dan torsi 950 bhplb/ft. Mobil ini dapat melaju hingga kecepatan maksimum 250km/jam. Didukung dengan teknologi injeksi bahan bakar Bosch Sequential Injection, konsumsi bahan bakarnya diklaim lebih hemat dari mayoritas mobil sport dengan kisaran 7o mil per galon. Tenaga disalurkan ke roda depan dengan memakai sistem transmisi  otomatis 8- speed.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar