Selasa, 31 Maret 2009

Bersihkan Sabuk Pengaman Anda, Sebelum Ajal Menjemput


Sabuk pengaman (seatbelt) boleh dibilang pelindung bagi pengemudi dan penumpang (bagian depan) mobil dari bahaya kecelakaan. Badan tetap berada di jok kala mobil mengalami terbalik, benturan atau tabrakan. Ironisnya, komponen 'penyelamat' ini terkadang kurang mendapat perhatian. Sampai sabuk tak mau balik pun masih didiamkan. Padahal, perawatannya sangat gampang dan sederhana. Mungkin permasalahannya hanya untuk jenis model tarik, jarang orang-orang yang mau membaliknya. 
Bila mengalami hal seperti itu, jangan langsung memvonis per penarik sudah lemah. Sebab komponen itu punya daya tahan cukup lama. Coba perhatikan permukaan dan jalur gantungan di pilar, mungkin tersumbat kotoran membuat seatbelt nggak lancar.

Untuk membersihkannya gampang sekali. Cukup menggunakan sabun pembersih interior yang banyak dijual di pasaran. Bisa juga pakai sabun cuci tangan berbentuk cairan yang terlebih dahulu dicampur dengan air. Setelah itu, gosok permukaan seatbelt dengan menggunakan sikat gigi atau lap. Disarankan, saat disikat dibarengi dengan lap agar kotoran tidak menyerap.

Jangan lupa bersihkan cover pilar dan mekanisme seatbelt. Tunggu sampai kering, setelah itu jajal tarik-ulur. Kalau sudah lancar, ada yang perlu diingat di bawah ini.

- Seatbelt yang baik, karakternya tidak mengikat dan membatasi pemakainya. Lentur dan mengunci jika terjadi gerakan ke depan secara tiba-tiba.

- Mekanisme kunci dan tariknya jarang ada yang mau memperbaikinya lantaran komponennya kecil dan tidak tersedia. Paling mudah dengan menganibal dari seatbelt lain.

- Membeli seatbelt baru lebih worthed. Untuk yang sistem tarik universal, harganya berkisar Rp 100 ribuan per satuannya.

- Jika sampai harus membeli seatbelt, usahakan bahannya empuk.

- Untuk beberapa merek mobil mewah, mekanisme seatbelt bekerja berdasarkan kecepatan. Semakin tinggi kecepatan, akan bekerja leboh sensitif.

- Tersedia seatbelt untuk ibu hamil disebut Maternity Seatbelt (MSB). Konstruksinya dua point yang menyilang dari paha kiri ke kanan dengan bahan yang lembut, sehingga tidak berbahaya bagi perut sang ibu. 

Secure with the seat belt. Ok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar