Minggu, 29 Maret 2009

Dunia Semakin Tak Bersahabat


Isu akan adanya kiamat di tahun 2012 menjadi topik yang sangat mengerikan untuk di telusuri. Mungkin hal ini menandakan bahwa orang-orang sudah melihat banyak bukti di dunia ini yang akan menjurus kepada hari kiamat. Sehingga mereka dapat memunculkan berita tersebut. Namun, dengan munculnya isu tentang kiamat di tahun 2012, setidaknya manusia bisa mawas diri untuk menjalani kehidupan mereka yang kebih baik dan bisa memberikan perhatian lebih kepada alam. Dunia yang semakin panas hingga mengakibatkan gunung-gunung es yang ada di belahan kutub utara dan kutub selatan mulai mencair dan sering adanya bencana alam yang dapat mengakibatkan keseimbangan ekosistem alam menjadi amburadul serta menipisnya lapisan ozon sehingga kandungan oksigen di dunia menjadi semakin sedikit. Hal ini merupakan dari Global Warming (pemanasan global) yang merupakan salah satu bukti nyata yang bias menghancurkan kehidupan  dunia ini. Hal tersebut bisa terjadi dikarenakan ulah keteledoran dari segala aktivitas sehari-hari manusia di bumi ini. Apabila mereka bisa berbesar hati untuk menaruh perhatian kepada alam dan tidak hanya menikmati hasil akhir akhir dari usaha yang mereka lakukan namun mereka harus bisa memikirkan dampak negatif yang ditimbulkan dari aktivitas mereka itu. Mulai dari hal-hal kecil seperti pengguanaan hairspray, kertas dan tisu yang berlebihan serta penggunaan air dan listrik yang melampaui batas normal serta kepulan dari asap rokok dan asap dari kendaraan bermotor yang tidak memenuhi standar hingga pembangunan gedung-gedung pencakar langit yang tidak sesuai aturan dalam jangka waktu yang panjang. Lagi-lagi close to nature menjadi senjata yang paling ampuh untuk menanggulangi segala bencana yang ada di bumi ini sehingga kita tetap bisa menikmati keindahan dunia dari Sang Pencipta. Bencana alam tidak mungkin akan kadaluwarsa, namun kita bisa mengantisipasinya dengan terus bersahabat dengan alam. Berikut adalah hal-hal sederhanayang harus kita lakukan untuk menjaga bumi kita dari kerusakan bancana alam :
1. Buang sampah pada tempatnya
Slogan ini selalu hadir dimana-mana terutama di fasilitas umum, tapi sayangnya kalimat itu hanya tinggal slogan semata. Banyak orang yang membacanya tapi tidak melakukannya. Mulai kini sadarlah dan biasakan diri kita untuk membuang sampah pada tempatnya, sekecil apapun sampah itu.
2. Hemat listrik, air dan bahan bakar!
Sumber energi ini sewaktu-waktu bisa hilang atau habis, untuk itu hematlah menggunakannya! Hemat Listrik sesuai kebutuhan. Matikan perangkat elektronik yang tidak perlu, misalnya matikan lampu saat siang hari. Pakailah air sebijaksana mungkin. Apalagi di musim kemarau persediaan air bersih tentunya harus kita hemat.
3. Hijaukan lingkunganmu!
Lingkungan yang sejuk dan nyaman harapan banyak orang. Ciptakan dengan melakukan penghijauan di lingkungan sendiri. Tanaman hias yang tertata rapi di pot ataupun di halaman rumah akan menyegarkan setiap mata yang memandang. Kalau anda orang yang aktif di lingkungan, tidak ada salahnya mengajak teman untuk menanam beberapa pohon di sekitar tempat tinggal. Karena semakin banyak pohon udara jadi semakin sejuk dan polusi juga dapat diserap oleh pohon-pohon yang rindang.                                                                     4.Hijaukan lingkunganmu!
Lingkungan yang sejuk dan nyaman harapan banyak orang. Ciptakan dengan melakukan penghijauan di lingkungan sendiri. Tanaman hias yang tertata rapi di pot ataupun di halaman rumah akan menyegarkan setiap mata yang memandang. Kalau anda orang yang aktif di lingkungan, tidak ada salahnya mengajak teman untuk menanam beberapa pohon di sekitar tempat tinggal. Karena semakin banyak pohon udara jadi semakin sejuk dan polusi juga dapat diserap oleh pohon-pohon yang rindang.
5. Uji Emisi Ramah Lingkungan!
Bagi pemilik kendaraan bermotor, jangang bosan-bosan mengecek emisi gas buangan dari kendaraan bermotor anda. Berhematlah dengan bahan bakar dan cek selalu mesin mobil atau motor. Oh, ya agar beban bumi akan polusi tidak semakin tinggi dan untuk mencegah menipisnya lapisan ozon. Kenapa anda tidak mencoba transportasi alternatif tanpa bahan bakar? Untuk bepergian jarak pendek misalnya, bersepeda mungkin menjadi transportasi yang sangat efektif. Namun bila anda gengsi menggunakan transportasi tersebut, berarti anda ingin memperpendek usia kehidupan di dunia ini, sehingga jangan harap anda bisa meraskan lagi segarnya udara pagi. Ingat! Bumi tidak akan memuntahkan isinya jika kita kita bersahabat dengan alam.  
6. Tren Daur Ulang
Ada cara agar anda bisa menggunakan barang bekas dengan lebih bermanfaat. Yang dibutuhkan hanya kreativitas dan usaha untuk mengubahnya jadi sesuatu yang berguna. Barang bekas yang kembali menjadi barang yang indah dan bermanfaat, bisa juga memberikan tanbahan penghasilan.                                               
                                                          7. Day For Earth                                                  Tidak ada salahnya jika kita mengimplementasikan hari-hari yang berkaitan demi menjaga kelestarian bumi kita, misalnya seperti hari hening sedunia yang jatuh pada tanggal 28 Maret lalu, hari bumi sedunia yang jatuh pada tanggal 22April dan lain sebagainya. Tapi, kita seharusnya tidak hanya berpatok pada hari-hari tersebut, namun kesadaran dari diri kitalah yang paling utama dalam melestarikan bumi kita. Karena bumi merupakan tempat tinggal kita yang patut untuk dijaga kelestariannya.   




Tidak ada komentar:

Posting Komentar